Rabu, 08 Feb 2023
  • Selamat Datang di Official Website PESANTREN NURUL IHSAN Cilacap Berakreditasi A - The Next Generations © 2020 - All Rights Reserved.

Kuliah Sudah Tua,Masih Perlukah?

Kuliah Sudah Tua,Masih Perlukah?

Setiap orang lahir awalnya masih dalam keadaan jahil, dalam keadaan bodoh, dalam keadaan tidak mengerti apa-apa. Kemudian seiring berjalannya waktu dan usia, orang tuanya mengajarkan, mengenalkan sesuatu yang ada disekitarnya. Bagi seorang muslim, anak mulai diajarkan mengucapkan bacaan Basmallah yakni Bismillahirrohmaanirrohiim. Ibunya juga dengan rutin mengajari bagaimana doa sebelum makan, sesudah makan, sebelum tidur, sesudah tidur dan sebagainya.

Sampai akhirnya anak belajar di Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak, berlanjut ke tingkat Dasar SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Selanjutnya ada orang tua yang tetap membiayai anaknya sampai perguruan tinggi, namun ada juga yang menyerahkan sepenuhnya kepada anak, apabila mau melanjutkan kuliah maka kerja dulu dengan biaya sendiri.

Tempat pendidikan pun saat ini, sudah banyak yang tidak memberi batasan usia dalam menerima calon mahasiswanya. Sehingga, ada orang yang dulu punya keinginan kuliah dan ingin melanjutkan meski usia sudah diatas 30 tahun atau 40 tahun, maka tidak ada salahnya mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa.

Pendidikan dirasa perlu, terutama untuk setingkat S1 atau S2, hal ini untuk menunjang prestise atau bisa juga untuk menunjang karir. Dalam hal ini, penulis lebih sepakat, pendidikan sangat penting sebagai bekal untuk menunjang prestise dan juga mata pencaharian. Namun, usia sudah tua, dikala teman- teman sudah sukses menjadi PNS atau dosen atau dokter dan lainnya, apakah masih perlu kuliah ?

Sudah Tua Kuliah, Untuk Apa ?

Katanya menuntut ilmu itu dari ayunan sampai liang lahat, jadi tidak ada salahnya ketika kita punya peluang dan kemampuan untuk melanjutkan kuliah, maka tidak ada salahnya untuk meraihnya. Bagi yang sudah S1, melanjutkan ke S2, atau yang hanya lulusan SMA, melanjutkan ke S1. Jenjang Pendidikan akan merasa perlu manakala ada peluang kerja, peluang menjadi narasumber workshop atau seminar karena sebelumnya disampaikan curiculum vitaenya terlebih dahulu. Mungkin akan Percaya diri manakala disebutkan ada titel dibelakangnya. Itu sih menurut penulis.

Namun, bukan untuk tujuan wah, kita melanjutkan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi. Hal ini untuk terus berkarya dan menambah pengetahuan yang mungkin bisa didapatkan hanya di bangku kuliah. Niatkan ikhlas menuntut ilmu agar lebih bermanfaat buat orang lain dan diri sendiri. Terasuk juga niatkan untuk beribadah, insya Allah Berkah.

penulis
admin

Tulisan Lainnya

Ppdb Online
Oleh : admin

Ppdb Online

Pelatihan Blog
Oleh : admin

Pelatihan Blog

Posting Blog Via Hp
Oleh : admin

Posting Blog Via Hp

0 Komentar

KELUAR